Kamis, 16 Juni 2016

Tempat Wisata Tanjung kunyit Kotabaru Kalimantan Selatan

Jauh dari keramaian kesederahanaan yang menggambarkan desa di ujung barat Kabupaten Kotabaru menjadi kearifan lokal yang patut jadi panutan. Tanjung Kunyit yang terpisah dari daratan kotabaru.Pulau ini tersendiri hanya dapat ditempuh dengan menggunakan klotok/sampan kapal untuk bisa sampai ke desa tanjung kunyit.







Tanjung Kunyit adalah salah satu desa di wilayah kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. dikelilingi teluk dan laut lepas yang sebagian mempunyai terumbu karang yang begitu menarik untuk dijadikan wisata bawah laut seperti snorkling dan diving, melihat gugusan terumbu karang dan ikan ikan hias yang begitu menggoda untuk menangkap ikannya :). 

Suku Didesa Tanjung Kunyit adalah Mandar dan Bugis, Mata Pencaharian mereka sebagai nelayan sedangkan ada sebagian berkebun di lereng bukit seperti kacang kacangan dan singkong.Kehidupan disini serba kekurangan Desa Belum mempunyai Sekolah SMP...Hanya SD yang ada di desa itupun kurang memadai, ada beberapa orang tua terpaksa melanjutkan sekoah anaknya ke desa teluk tamiang yang bila ditempuh menggunakan sampan sekitar setengah jam itu pun bila gelombang bersahabat tapi saya salut dengan perjuangan menuntut ilmu yang  begitu beratnya perjuangan sampai ke sekolahnya. Tidak Jarang mereka harus memakai baju ganti dulu Seragam Sekolah,Tas dan Sepatu Mereka Bungkus di plastik agar tidak kebasahan saat di sampan. 

Sedih Melihat Borneo ini begitu kaya akan alamnya tapi masih ada saja kehidupan diujung sana yang masih kekurangan. Setiap Hari sekolah mereka mealakukan ritual bolak balik tanjung kunyit-teluk tamiang.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 5 Destinasi Wisata Unggulan Pariwisata Kotabaru Pulau Laut | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top