Kamis, 16 Juni 2016

Wisata Hutan Meranti Kotabaru

Kabupaten Kotabaru yang memiliki lokasi strategis berada pada 010 21’ 49” – 040 10’ 14” LS dan 1140 19’ 13” – 116” 33’ 28” BT tepat berada di tengah – tengah negara Indonesia mempunyai potensi Sumber Daya Hutan yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan wisata.

Salah satu destinasi yang dapat dikembangkan untuk kegiatan ini di kabupaten Kotabaru adalah Kawasan Hutan Meranti yang berlokasi di Desa Sebelimbingan dan Gunung Sari Kecamatan Pulau Laut Utara, dimana pada kawasan ini terdapat jenis Meranti dan Keruing yang merupakan jenis terbaik yang ada di dunia.

Meranti ( shorea sp ) ditanam oleh PT. Inhutani II pada Tahun 1976 seluas + 300 ha dengan jarak tanam 3 m x 3 m. Lokasi tersebut berada pada ketinggian 100 – 400 meter diatas permukaan laut, terletak di Desa Sebelimbingan dan Desa Gunung Sari Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru. Saat ini areal tanaman Meranti tinggal U + 8,3 Ha akibat adanya kegiatan perambahan hutan dan Illegal logging.


Meranti adalah salah satu produksi utama hutan alam pada zamannnya yang diproduksi satu – satunya BUMN sektor kehutanan di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu PT. Inhutani II Unit Usaha Kalimantan Selatan.

Secara administratif pemerintahan, Ekowisata Hutan Meranti terletak di Desa Sebelimbingan dan Desa Gunung Sari, Kecamatan Pulau Laut Utara, yang berjarak + 11 Km dari Ibukota Kabupaten Kotabaru dimana dapat ditempuh melalui jalan kabupaten dan Jalan Desa.

Berdasarkan SK Menteri Kehutanan Nomor 435/Kpts-II/2009 tanggal 23 Juli 2009 tentang Penunjukan Kawasan Hutan Provinsi Kalimantan Selatan bahwa lokasi ini berada pada kawasan hutan hutan lindung.

Berdasarkan hasil tata batas definitif dan dituangkan dalam berita acara Rapat pembahasan Hasil Tata Batas Definitif Kawasan Hutan Lindung Sebatung tanggal 28 Desember 2010 bahwa Kawasan Ekowisata Hutan Meranti berada pada Areal Penggunaan Lain ( APL ) dan Hutan Lindung ( HL ).
Belantara tropika basah ( the Rain Tropical Forest ) yang ada di Kabupaten Kotabaru khususnya ekowisata Hutan Meranti di Pulau Laut merupakan suatu destinasi.

Destinasi untuk wisata ekologis dapat dimungkinkan mendapatkan manfaat sebesar-besarnya baik dari aspek ekologis, sosial budaya maupun ekonomi bagi masyarakat, pengelola dan pemerintahan.
Karena itu, pembangunan Kawasan Ekowisata Hutan Meranti merupakan salah satu bentuk pemanfaatan sumberdaya Alam Hutan yang Menunjukan bahwa kabupaten Kotabaru mempunyai wujud pembangunan yang berwawasan lingkungan.






0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 5 Destinasi Wisata Unggulan Pariwisata Kotabaru Pulau Laut | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top